IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MEMBENTUK DISIPLIN SISWA DI SMP NEGERI 28 SURABAYA

  • Dewi Puspitaningrum PPKn
  • Totok Suyanto

Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan upaya pembentukan disiplin dan hambatan yang dialami melalui implementasi tata tertib sekolah di SMP Negeri 28 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembentukan disiplin siswa melalui implementasi tata tertib sekolah adalah pembiasaan tata tertib sekolah kepada siswa yang berkaitan dengan hal masuk sekolah, kewajiban siswa, larangan siswa, hal pakaian dan sanksi, guru menjadi model sehingga siswa meniru apa yang dilakukan guru, dan mengkondisikan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah serta memberikan teguran dan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah.. Hambatan yang ditemui adalah guru yang tidak tega dalam memberikan hukuman kepada siswa, kurangnya kesadaran siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah, kurangnya perhatian dan kepedulian orang tua kepada anak, serta ekonomi keluarga yang rendah.
Kata Kunci : Pembentukan disiplin, Implementasi tata tertib
Abstract
The goal of this research is describe the formation of discipline and the barriers to implementation of order school at SMP Negeri 28 Surabaya. This research uses a qualitative approach with descriptive method. Data from this research obtained through observation, interviews, and documentation. Data analysis uses reduction of data, present of data and conclude of data. The result show that effort the formation of discipline students through implementation of order school done by habituation in the school that related to go inti school, student obigation, student prohibitation, uniform, and sanction, the teacher be a model of student so that student imitate the teacher, and do condition student to submissive of order school and give reprimand, sanction to student that break order school The barriers that experienced teacher don’t brave when give a punishment to student, minimal awareness of student, minimal care and concern of parents to children, and minimal economic of family.
Keywords : The formation of Dicipline, implementation of order

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
S1 PMP-KN
Diterbitkan
2014-05-14
Abstract Views: 495
PDF Downloads: 1826