PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DI SMPN 1 PURI DENGAN SMP ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO

  • Ratih Priatin Dwi Jayanti PPKn
  • Suharningsih Suharningsih

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengungkap bagaimana implementasi tata tertib dan kedisiplinan siswa terhadap tata tertib di SMPN 1 Puri dan SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi tata tertib dan guna mengetahui perbedaan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Puri dan SMP Islam Brawijaya. Teori yang dikemukakan Watson ini disebut dengan teori rangsang balas (stimulus- response theory) yang mementingkan hungan rangsangan dan tingkah laku. Metode yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif menggambarkan implementasi tata tertib dan study komparasi menggambarkan perbedaan kedisiplinan siswa. Lokasi penelitian berada di 2 sekolah yang berbeda yakni SMP Negeri 1 Puri dan SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Sampel penelitian 64 siswa kelas VIII di kedua sekolah. Teknik pengumpulan data berupa angket dan pengamatan. Berdasarkan hasil temuan di lapangan bahwa kedua sekolah telah menerapkan tata tertib dengan baik dan sebagian besar siswa telah mentaati peraturan tata tertib. Pada SMPN 1 Puri penerapannya lebih condong menggunakan nilai-nilai universal, sedangkan di SMP Islam Brawijaya menerapkan nilai-nilai agama. Perbedaan kedisiplinan siswa dari hasil penelitian tidak terdapat perbedaan kedisiplinan siswa dikedua sekolah dengan nilai thitung 1,872 sedangkan nilai ttabel adalah 1,657. Dengan α=0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kedisiplinan siswa terhadap tata tertib di SMPN 1 Puri dan SMP Islam Brawijaya atau Ho diterima dan Ha ditolak.Yang artinya antara sekolah negeri dan sekolah swasta tidak memiliki perbedaan.

Kata Kunci: Disiplin, Tata Tertib, Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta

Abstract

This research wanted to uncover that how is the implementation of order and student disciplining to discipline in SMP 1 and SMP Islam Brawijaya Puri Mojokerto. With purpose to know the implementation of the order and the difference of disciplining student in SMP 1 and SMP Islam Brawijaya Puri. The research used the theory of Watson excitatory reply (stimulus-response theory) that emphasizes hungan stimuli and behavior. The research used descriptive quantitative research approaches to describe the implementation of the rules and illustrates the comparative study of student discipline differences. Location of the study are in 2 different schools namely SMP Negeri 1 Puri and SMP Islam Brawijaya Mojokerto. The research has 64 students sample at class VIII between both of schools. Data collection techniques such as questionnaires and observations. Based of the findings on the ground that the two schools have implemented the rules well and most of the students had complied with the disciplinary rules. At Puri application SMPN1 more inclined to use universal values, whereas in SMP Islam Brawijaya used religious values. Differences discipline of students of the results of the study, there was no difference in both school discipline students with a value of 1.872, while the value of t is 1.657 ttabel. With α = 0.05 It can be concluded that there is no difference of the student discipline rules in SMP 1 Puri and SMP Islam Brawijaya or Ho is accepted and Ha is rejected. That means between public schools and private schools don’t have differences.

Keyword: Discipline, Discipline, School of Public and Private Schools

Published
2014-05-14
How to Cite
Jayanti, R. P., & Suharningsih, S. (2014). PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DI SMPN 1 PURI DENGAN SMP ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 421-435. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p421-435
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 145