STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB DI SMP DOROWATI MANUKAN SURABAYA

  • Mohammad Honif Candra Irawan PPKn
  • Totok Suyanto

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib di SMP Dorowati dan kendala apa saja yang ada dalam mengimplementasikan tata tertib dan solusi dalam menangani kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 30 guru yang mengajar di sekolah SMP Dorowati. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan documentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian Strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib di SMP Dorowati melalui, 1) Sosialisasi tata tertib sekolah dimana setiap guru mengenalkan tata tertib kepada siswa baik yang berada didalam kelas maupun dilingkungan sekolah. 2) Pelaksanaan tata tertib sekolah dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas. 3) Pemberian Sanksi merupakan control guru terhadap siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib. 4) Kerjasama guru dan orang tua dimana kerjasama sangat diperlukan untuk mengontrol siswa. 5) Evaluasi tata tertib sekolah yang dilakukan untuk mengetahui jalannya tata tertib di sekolah dan ditambah lagi dengan program sekolah yang bebasis perilaku pengamatan siswa yaitu PBB (pendidikan budi pekerti). Kendala dan solusi yang ada di SMP Dorowati sangat minim dan jarang terjadi karena dalam pelaksanaan tata tertib dalam kelas, setiap guru melakukan pengamatan perilaku siswa sebagai control dalam meminimalisir kendala agar jumlah siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah berkurang atau semakin sedikit.

Kata Kunci : Stategi Sekolah ,Tata Tertib Sekolah.

Abstract

This study aims to determine the strategy in dealing with violations of school rules at SMP Dorowati and any constraints that exist in the implementation of rules and solutions in addressing these constraints.

This study uses the research approach used descriptive quantitative research methods. This study used a sample of 30 teachers who taught in high school SMP Dorowati. Data was collected through questionnaires, interviews and Documentation. The data analysis technique used in this study was the percentage. Based on the results of the research strategy in dealing with violations of school rules in SMP Dorowati through, 1) socialization of school discipline in which every teacher to introduce the discipline to students who are either in the classroom or school environment. 2) Implementation of school rules implemented in the classroom and outside the classroom. 3) Provision of a control teacher sanctions against students who violate the rules. 4) Cooperation of teachers and parents where cooperation is needed to control the students. 5) Evaluation of school discipline is conducted to determine the course of the discipline in the school and school programs coupled with the observation of student behavior that is adaptable by the United Nations (character education). Constraints and solutions existing SMP Dorowati very minimal and rarely occurs because the execution order in the classroom, every teacher to observe student behavior as a control in order to minimize the constraints of the number of students who violate school rules or even slightly reduced .

Keywords : Schools strategy, the School Rules.

Published
2014-05-14
How to Cite
Irawan, M., & Suyanto, T. (2014). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB DI SMP DOROWATI MANUKAN SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 484-498. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p484-498
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 672