EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMPN 2 PARANG

  • Mas'adah Anjar Rohmah PPKn
  • Rr. Nanik Setyowati

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Parang, kecamatan Parang, kabupaten Magetan dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode sosiodrama yang digunakan oleh guru dan pertanyaan tentang seberapa tinggi tingkat efektivitas pembelajaran melalui pengembangan metode sosiodrama dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa di kelas VIII SMPN 2 Parang, kecamatan Parang, kabupaten Magetan. Berdasarkan tujuan dilakukan penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian True Experimental Design (Eksperimen yang betul-betul) dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang efektivitas metode sosiodrama sebelum dan sesudah diberikan intervensi, metode observasi dan wawancara untuk memperdalam hasil analisis data, dan metode dokumentasi untuk mengungkap data yang terdokumentasi. Responden dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 2 Parang, yang diambil dengan menggunakan sistem purposive sampling yang diambil berdasarkan nilai pretest yang diberikan, kemudian diperoleh kelas eksperimen 22 anak dan kelas kontrol 22 anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan perhitungan statistik uji-t rumus polled varian. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai motivasi belajar PKn siswa dengan menggunakan metode sosiodrama terjadi peningkatan motivasinya, selain itu analisis yang diperoleh dari uji statistik dengan menggunakan taraf kesalahan 5%, yang kemudian menghasilkan perbedaan Lh lebih kecil -2,379 dan -17,712 dari Lt. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode sosiodrama secara signifikan meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMPN 2 Parang, kecamatan Parang, kabupaten Magetan.

Kata kunci: Efektivitas, Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar

ABSTRACT

The purpose of this study was to know about student motivation of PKn learning at SMPN 2 Parang , Parang districts , Magetan counties, in this learning by using the method by the teacher sociodramas and questions about the effectiveness of learning through the development of methods to improve learning achievement sociodramas PPKn eighth grade students at SMP 2 Parang , Parang districts , countries Magetan . Based on the purpose of this research , used a quantitative approach , the research design True Experimental Design (real Eksperimen) by Pretest-Posttest Control Group Design. Methods of data collection in this study is a test method used to obtain data on the effectiveness of the method sociodramas before and after the intervention , methods of observation and interviews to deepen the analysis of data , and the data reveal documentation for methods documented . Respondents in this study are class VIII SMPN 2 Parang , taken using purposive sampling system are taken based on pretest value given , then obtained the experimental class are 22 children and control class 22 children . The data obtained were analyzed using t-test statistical calculation formula polled variants . Based on observations and interviews regarding students' motivation to learn PKn sociodramas using an increase in motivation , other than that obtained from the analysis of statistical tests by using error level of 5 % , which resulted in a smaller difference Lh -17.712 -2.379 and from Lt . These results demonstrate the effectiveness of learning through the development of methods to improve learning achievement sociodramas PKn VIIIstudents at SMPN 2 Parang , Parang districts , Magetan counties .

Keywords : Effectiveness , sociodramas Method , Learning Achievement

Diterbitkan
2014-05-14
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 53