PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

  • Laila Vika Safitri PPKn
  • Listyaningsih Listyaningsih

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sampel yang diambil berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PKS berperan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler PKS yang paling berperan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu kegiatan praktek pengaturan lalu lintas di jalan raya dengan skor 250, senam pengaturan lalu lintas dengan skor 228 dan Praktek Baris-Berbaris (PBB) dengan skor 198. Peraturan dan tata tertib yang ditetapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler PKS mampu membentuk sikap disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplin belajar, disiplin latihan dan disiplin berlalulintas. Aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler PKS mampu membentuk kedisiplinan siswa untuk taat terhadap peraturan dan tata tertib sekolah. Hasil angket menunjukkan bahwa jumlah skor yang diberikan siswa tentang penilaian sikap disiplin siswa di sekolah menunjukkan rata-rata 90,54. Berdasarkan kriteria penilaian, rata-rata tersebut menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa di sekolah termasuk dalam kriteria sangat baik. Selain itu, kontribusi kegiatan ekstrakurikuler PKS dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah dapat dilihat melalui jumlah pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa dalam bentuk terlambat datang ke sekolah sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PKS. Keterlambatan siswa mengalami penurunan sebesar 163 daripada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PKS memiliki kontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa untuk patuh terhadap tata tertib sekolah

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah, dan Kedisiplinan

Abstract

The goal of the research was to analyze the role of extracurricular activities the School Safety Patrol (PKS) to form student discipline ineighth grade students of SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. This research used quantitative approach with a descriptive quantitative research methods. The research in State Junior School Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The samples are 53 students. The data are collected by observation, interviews, questionnaires and documentation. The data was then analyzed using quantitative descriptive percentage formula. The results of research shows that extracurricular activities PKS play a role in efforts to improve student discipline. The forms of extracurricular activities PKS that most scouts can shape the discipline of students is practice in traffic control on the highway with a score of 250, gymnastics traffic control with a score of 228 and Rule-Linear Bars (PBB) with a score of 198. Activities in extracurricular PKS are able to form student discipline to obedient the rules and regulations of the school. The rules fo regulations in the extracurricular activities of the PKS is able to discipline of time, discipline dressed, learning discipline, discipline and traffic discipline. The results of the questionnaire showed that number score given of students on assessment about discipline in the school shows average 90,54. Based on the assessment criteria, the average shows that the discipline of students is very good. In addition, the contribution of extracurricular activities PKS in improving student discipline in schools can be seen through a number of rules violations committed in the form of students coming late to school before and after participating in extracurricular activities PKS. The delay has decreased by 163 students than the previous year. This suggests that extracurricular activities PKS have contributed in improving student discipline obedient to the school rules.

Keywords: Extracurricular School Safety Patrol, and Discipline
Diterbitkan
2014-05-14
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 172