STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA DI SDN BUBUTAN IV KOTA SURABAYA

  • Athi Rahmani PPKn
  • I Made Suwanda

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi sekolah dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa di SDN Bubutan IV (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh sekolah dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa di SDN Bubutan IV (3) untuk mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi sekolah  dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa di SDN Bubutan IV. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan strategi dari subjek penelitian (kepala sekolah dan guru) dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa di SDN Bubutan IV Surabaya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki strategi dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa yaitu melalui integrasi mata pelajar PPKn, IPA dan IPS, melalui pengembangan diri yaitu mengikuti ekstrakulikuler eco school, kolintang, parikan, tari tradisional dan TPA (Taman Pendidikan Al-Quran), melalui budaya sekolah yaitu upacara setiap hari senin jika tidak upacara diganti dengan membacakan Pancasila dan menyanyikan lagu wajib di dalam kelas

Kata Kunci: sekolah, Pancasila.

Abstract

The purpose of this study was (1) to determine the strategy of the school in instilling the values ​​of Pancasila on students at SDN Bubutan IV (2) to determine what barriers experienced by schools in instilling the values ​​of Pancasila on students at SDN Bubutan IV (3) to find out how to overcome the obstacles faced by schools in instilling the values ​​of Pancasila on students at SDN Bubutan IV. This study was conducted with a qualitative approach using a descriptive method that aims to describe or depict the strategy of research subjects (principals and teachers) in instilling the values ​​of Pancasila on SDN Bubutan IV students in Surabaya. The result showed that schools have strategies in instilling the values ​​of Pancasila in students is through the integration of the student's eyes through PPKn, science and social studies, through self-development that follows the eco school extracurricular, kolintang, parikan, traditional dance and TPA (Taman Pendidikan Al-Quran), through culture the school every Monday ceremony if the ceremony is not replaced by reading and singing the anthem Pancasila in the classroom.

Keywords: school, Pancasila

Author Biography

Athi Rahmani, PPKn
S-1 PMP-KN
Published
2014-08-25
How to Cite
Rahmani, A., & Suwanda, I. (2014). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA DI SDN BUBUTAN IV KOTA SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1111-1126. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1111-1126
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 133