PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MUSIK DI LKP SEGNO MUSIC COURSE KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p125-139Keywords:
Pengelolaan Pembelajaran, Segno Music CourseAbstract
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran musik di LKP Segno Music Course Kediri. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan teknik. Subjek penelitian yaitu Owner Segno Music Course. Setelah data terkumpul peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan hasil dari penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan ialah proses pengelolaan di Segno Music Course yang terencana, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, penilaian dan pengembangan. Namun ada beberapa kekurangan salah satunya struktur organisasi yang kurang jelas, seperti pembuatan bagan yang tidak menggambarkan cara kerja antar lini di LKP tersebut. Proses pengelolaan Segno Music Course yang awalnya dikelola secara pribadi hingga mempunyai tim pengelola. Dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19 LKP ini juga memiliki upaya-upaya dalam menghadapi hal tersebut sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Eksistensi Segno Music Course di masyarakat semakin meningkat dengan program-program yang dilakukan oleh pihak LKP tersebut.