Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Tari Di Sanggar Seni Juanda Budi Bahari Sidoarjo
Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Tari Di Sanggar Seni Juanda Budi Bahari Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p244%20-%20253Keywords:
Metode Tutor Sebaya, Pembelajaran, Tari.Abstract
Mempertahankan kebudayaan seni di jaman modern ini salah satunya dengan mengikuti pembelajaran seni. Pembelajaran seni tidak hanya diajarkan di sekolah formal, tapi juga diajarkan pada sekolah nonformal seperti sanggar atau komunitas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran meliputi metode, materi pembelajaran, dan hasil belajar pada kegiatan pembelajaran tari di Sanggar Seni Juanda Budi Bahari Sidoarjo. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri atas sumber data primer yang didapatkan langsung dari narasumber utama yaitu Sapto Hari Utomo, S.Pd(57). Lalu untuk sumber data sekunder didapatkan dari buku serta dokumen. Pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Hasil penelitian ini ini menunjukkan bahwa pemilihan aspek-aspek pembelajaran meliputi materi pembelajaran serta metode yang digunakan dalam mengajar sangat mempengaruhi hasil pembelajaran dari peserta didik. Skirpsi ini akan membahas implementasi metode yang digunakan dalam pembelajaran tari di Sanggar Seni Juanda Budi Bahari Sidoarjo sekaligus membahas hasil belajar peserta didik tersebut yang memiliki kemampuan berkesenian yang sangat baik.
Maintaining art culture in this modern era is one of them by participating in art learning. Art learning is not only taught in formal schools, but also taught in non-formal schools such as studios or communities. The purpose of this study is to describe the learning process including methods and learning outcomes in dance learning activities at the Juanda Budi Bahari Sidoarjo Art Studio. This research uses a qualitative research approach. The data sources in this study consist of primary data sources obtained directly from the main source, namely Sapto Hari Utomo, S.Pd (57). Then for secondary data sources obtained from books and documents. This research uses data collection techniques in the form of observation, interviews, documentation, and recording. The results of this study indicate that the selection of learning aspects including learning materials and methods used in teaching greatly affects the learning outcomes of students. This thesis will discuss the implementation of methods used in dance learning at the Juanda Budi Bahari Sidoarjo Art Studio as well as the learning outcomes of these students, who not only have excellent artistic abilities, but also produce generations with positive characters.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
