PEMBELAJARAN ANSAMBEL REKORDER DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Penulis

  • DYAH AYU GARNIS PRAMUDITA
  • WARIH HANDAYANINGRUM

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%25p

Abstrak

MTs Abdul Qadir merupakan salah satu Madrasah Tsanawiyah yang berada di Ngunut kabupaten Tulungagung. Sekolah ini menyelenggarakan pembelajaran Seni Budaya bidang Seni Musik dengan materi pokok ansambel rekorder. Terkait dengan proses pembelajarannya guru menerapkan model pembelajaran Project Based learning untuk meningkatkan kreativitas, tanggung jawab serta membuat proyek pementasan pada akhir pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti merumuskan permasalahan tentang bagaimana proses pembelajaran ansambel rekorder dan bagaimana hasil belajar ansambel rekorder dengan menggunakan model Project Based Learning di MTs Abdul Qadir.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian mengenai proses pembelajaran ansambel rekorder memerlukan pendeskripsian kegiatan yang harus diungkap. Guru mapel merupakan subjek penelitian dan sekaligus sumber data primer pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, serta dokumen dan pendokumentasi yang menggunakan alat bantu handphone. Sebelum data disajikan dan menarik simpulan perlu proses Validitas data melalui Triangulasi sumber,waktu dan metode.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa proses pembelajaran ansambel rekorder dengan Model Project Based Learning di Mts Abdul Qadir sudah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan tiap-tiap langkah pembelajarannya tidak terdapat kendala yang berarti. Nilai yang diperoleh siswa sudah mencapai KKM yang ditentukan. Siswa dapat menampilkan hasil proyek dalam pementasan Ansambel rekorder di depan kelas dan acara-acara sekolah. Selain itu dengan model pembelajaran ini menunjukkan adanya sikap bertanggung jawab, siswa lebih kreatif. Hal itu dapat terlihat pada saat mempersiapkan keperluan pementasan ujian akhir semester. Hasil belajar yang dicapai yakni: pemahaman siswa terhadap materi lebih dalam, siswa lebih berani mengutarakan pendapat didepan umum, saling membantu dalam pemecahan suatu masalah pembelajaran, dapat menyelsaikan tugas secara mandiri dan terarah, mental siswa lebih terbangun.

Kata kunci: Pembelajaran, Model Project Based Learning, dan Ansambel Rekorder

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-05

Cara Mengutip

AYU GARNIS PRAMUDITA, D., & HANDAYANINGRUM, W. (2019). PEMBELAJARAN ANSAMBEL REKORDER DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1). https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 242 , PDF Downloads: 247

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>