PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARING PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KULIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 8 SURABAYA

Authors

  • Anggi Mara Qonita
  • Dewi lutfiati
  • Sri dwiyanti
  • Octaverina Kecvara Pritasari

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p121-126

Abstract

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran anatomi fisiologi kulit belum
tercapai secara maksimal, sehingga diupayakan mengaplikasikan model Probem Based Learning. Tujuan
dari penelitian ini yaitu : 1) megetahui keterlaksanaan penerapan sintaks pembelajaran; 2)peningkatan
hasil belajar; 3) respon peserta didik. Pendekatan yang digunakan ialah Pre Eksperimental Design
dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X Tata Kecantikan
SMKN 8 Surabaya sejumlah 98 peserta didik dengan teknik sampling purposive sampling, didapatkan
sampel kelas XKC3 sejumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar observasi; 2) tes
berbentuk soal pilihan ganda; dan 3) instrumen angket. Teknik analisis data meliputi : 1) analisis item
sesuai dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda; 2) uji normalitas; dan
3) uji t berpasangan. Hasil penelitian diperoleh : 1) keterlaksanaan sintaks model Probem Based Learning
pada capaian pembelajaran anatomi fisiologi kulit selama 2 pertemuan dikategorikan sangat baik dengan
rata-rata sebesar 4,78; 2) pengujian hipotesis penelitian didapat nilai t sebesar 14.473 dengan taraf
signifikansi sebesar 0.000, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Probem Based Learning
berbeda secara signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan pada peningkatan hasil belajar peserta
didik; 3) respon siswa didaptkan rata-rata 95% dengan kategori sangat baik pada capaian pembelajaran
anatomi fisiologi kulit. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Probem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan respon sangat baik.
Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Anatomi Fisiologi Kulit

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Qonita, A. M., lutfiati, D., dwiyanti, S., & Pritasari, O. K. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARING PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KULIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 8 SURABAYA. Jurnal Tata Rias, 12(2), 121–126. https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p121-126
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 346

Most read articles by the same author(s)

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 > >>