PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE KOMPETENSI DASAR GIZI UNTUK KECANTIKAN DI SMK LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p186-194Abstract
Dalam rangka membangun pembelajaran kompetensi gizi untuk kecantikan berbasis website pada siswa
jurusan Kecantikan Kulit dan Rambut, penelitian dilakukan karena kurangnya variasi media dan
penggunaan sumber daya dan infrastruktur internet di SMK Labschool UNESA 1 Surabaya. Tujuan studi
ini adalah untuk: 1) menilai kelayakan pendidikan online; dan 2) mengkaji penelitian dan pengembangan
pendidikan online berbasis kompetensi untuk estetika. 2) Untuk mengetahui bagaimana pendapat siswa
tentang nutrisi yang kompeten untuk pembelajaran kecantikan pada website. Penelitian dan pengembangan
(R&D), menurut Borg dan Gall, dapat dipecah menjadi tujuh fase. Lima ahli penilaian menjabat sebagai
subjek uji penelitian. Teknik pengumpulan data berbasis observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode
analisis data berbentuk pendekatan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang dinyatakan dalam
persentase. 1) Kelayakan pembelajaran berbasis situs web dinilai 92% layak oleh profesional media, 90%
praktis oleh ahli materi pelajaran, dan 98% layak oleh ahli bahasa, menurut temuan penelitian. 2) Menurut
Borg dan Gall, penelitian dibagi menjadi tujuh tahap yaitu pengumpulan data dasar, perencanaan,
pembuatan produk awal, validasi ahli, revisi produk, dan uji coba awal revisi produk. 3) Penilaian yang
diberikan sebesar 89% terhadap jawaban siswa terhadap pembelajaran berbasis website menunjukkan
bahwa persyaratan dapat dipenuhi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan media
pembelajaran berbasis website gizi untuk kecantikan efektif digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran, website, gizi untuk kecantikan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

