PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN MEDIA VIDEO PADA KOMPETENSI DASAR RIAS CIKATRI DI SMK NEGERI 1 BUDURAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p222-228Abstract
Pembelajaran di SMKN 1 Buduran Sidoarjo terbiasa menerapkan metode pembelajaran yang monoton dan berfokus
kepada guru sehingga 40% hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Problem based learning
dengan media video bertujuan untuk meningkatkan pencapaian kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks pembelajaran; 2) hasil belajar siswa; 3) respon siswa terhadap proses
pembelajaran pada kompetensi dasar rias wajah cikatri menggunakan problem based learning dengan media video.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan rancangan one-shot case study post-test.
Sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa SMK kecantikan kelas XI di SMK Negeri 1 Buduran sebanyak 32 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rata-rata
dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan sintaks pembelajaran memperoleh nilai rata-rata
3,9 yang dikategorikan sangat baik. Hasil belajar psikomotor dan kognitif mengalami peningkatan dari hasil belajar
sebelumnya yaitu dari nilai 79 ke nilai 87,98. Respon siswa memperoleh persentase 96% dengan kualifikasi sangat baik.
Kesimpulannya bahwa penerapan PBL dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dinilai dari
aspek kognitf maupun aspek psikomotor siswa pada kompetensi dasar rias wajah cikatri.
Kata kunci : Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Media Video, Rias Cikatri
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

