PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PRAKTIK PEMANGKASANRAMBUT SOLID DI SMKN 3 KEDIRI

Main Article Content

Dyah Kurniasari Pujiningrum
Dindy Sinta Megasari
Arita Puspitorini
biyan yesi wilujeng

Abstract

Abstrak
Siswa kurang memahami mata pelajaran pemangkasan rambut dasar sehingga menyebabkan
rendahnya nilai praktik pemangkasan. Hal ini dikarenakan penerapan media pembelajaran terhadap
proses belajar kurang diminati siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil
praktik siswa setelah penerapan media video tutorial praktik pemangkasan sebagai media
pembelajaran pada materi pemangkasan rambut dasar di SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pre- eksperimental design jenis one shot case study. Subyek penelitiannya
adalah 35 siswa dari kelas XII KC1 SMK Negeri 3 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan validasi melalui lembar penilaian kelayakan media pembelajaran, observasi
dengan lembar observasi keterlaksanaan penerpan media video tutorial, tes hasil belajar secara
psikomotor melalui tes kinerja,dan respon siswa dengan mengisi kuisioner. Hasil penelitian pada
pengukuran hasil praktik melalui tes kinerja siswa mendapat rata-rata 85,0857Uji normalitas
dengan menggunakan uji t satu sampel menghasilkan nilai t hitung sebesar 16,424, dan tabel t
seperti yang terlihat pada tabel distribusi t satu pihak memuat rumus sebagai berikut: 34), taraf
signifikansi0,05, dan nilai-t 1,69092. Karena thitung > ttabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
Ho ditolak dan Ha diterima.. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran melalui video
tutorial merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil kemampuan
psikomotor siswa.
Kata Kunci : Penerapan Media Video Tutorial, PemangkasanRambut Solid.

Article Details

Section
Articles