PENINGKATAN KOMPETENSI RIAS WAJAH GERIATRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS XII KECANTIKAN 1 SMK NEGERI 3 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p195-204Abstract
Peneliti melakukan pengamatan awal terhadap kemampuan siswa mengenai rias wajah. Ditemukan
permasalahan pada materi rias wajah geriatri. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang membosankan
dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pengajar membatasi siswa untuk mengeksplorasi
pengetahuannya sedangkan lingkungan belajar yang efektif dapat meningkatkan kompetensi siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk memastikan: (1) Keterlaksanaan sintaks, (2) Peningkatan kompetensi siswa
merias wajah geriatri, (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran PjBL. Dalam penelitian ini
digunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dan pesertanya adalah 26 siswa dari SMK Negeri 3 Kediri.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan sintaks model pembelajaran PjBL dari siklus I ke siklus II
telah dilakukan perbaikan dengan tepat sehingga terjadinya peningkatan nilai. (2) Tingkat keberhasilan
pada tes hasil belajar kognitif meningkat dari 69,23% menjadi 96,15%, tingkat keberhasilan tes kinerja
meningkat dari 84,61% menjadi 96,15%, persentase nilai sikap siswa predikat good dan excellent mulanya
88,46% dan 11,54% jumlahnya meningkat menjadi 42,31% dan 57,69%. (3) Persentase hasil angket respon
siswa pada predikat excellent dan good mulanya sebesar 31% dan 31% dari 26 siswa jumlahnya meningkat
menjadi 54% dan 35% dari 26 siswa. Persentase pada kategori cukup terjadi penurunan dari 19% ke 11%.
Kata Kunci: project based learning (PjBL), rias wajah geriatri, penelitian tindakan kelas (PTK).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

