PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KOMPETENSI BAHAN PEMBERSIH DAN BAHAN SANITER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KECANTIKAN SMKN 2 JOMBANG

Main Article Content

ersa villania ayu pramudia
octaverina Kecvara Pritasari
Novia Restu Windayani
Sri dwiyanti

Abstract

Abstrak


Pembelajaran berbasis proyek adalah suatu model pembelajaran yang pemanfaatanya menggunakan kegiatan sebagai media bagi para siswa untuk mengelola pembelajaran, hal ini dapat membuat siswa menjadi lebih berkontribusi dan terampil dalam menyelesaikan permasalahan melalui suatu proyek/tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada kompetensi bahan pembersih dan bahan saniter terhadap hasil belajar siswa kelas X Kecantikan SMKN 2 Jombang.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas X KC 2 SMKN 2 Jombang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan one-shot case study. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran memperoleh persentase 83,73% sehingga bisa dikatakan aktif, ketuntasan pembelajaran secara klasikal memperoleh skor 84,84% sehingga bisa dikatakan berhasil, dan angket respons siswa memperoleh presentase 80,15%, sehingga respons siswa memperoleh respons yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi bahan pembersih dan bahan saniter.


Kata kunci: model pembelajaran berbasis proyek, kompetensi bahan pembersih dan bahan saniter, hasil belajar

Article Details

Section
Articles