PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN SANGGUL UKEL KONDE DI SMK NEGERI 2 JOMBANG

Main Article Content

Citra Laksmi Bidari
Maspiyah Maspiyah
Dindy Sinta Megasari
Sri Dwiyanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui tingkat kelayakan media interaktif berbasis Lectora
Inspire sebagai inovasi pembelajaran Sanggul Ukel Konde, 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik, serta
3) Mengetahui respon peserta didik kelas XI Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK Negeri 2 Jombang.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian reseach and development (R & D) dengan model
penelitian ADDIE yaitu 1) Analysis, 2) design, 3)development, 4)implementation, and 5) evaluation. Data
yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukan 1) Kelayakan media interaktif berbasis Lectora Inspire memperoleh presentase 88% dengan
kriteria sangat layak, 2) Hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata – rata 91,7 dengan nilai tertinggi
96 dan nilai terendah 84 sehingga dapat dikatakan media efektif untuk digunakan karena hasil belajar
peserta didik secara signifikan lebih dari 69 atau diatas nilai KKM setelah belajar menggunakan media, 3)
Respon peserta didik terhadap media interaktif berbasis Lectora Inspire memperoleh persentase 90%
dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakuan bahwa pengembangan media
Interaktif berbasis Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran Sanggul Ukel Konde sangat layak dan
efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar bagi peserta didik.
Kata kunci : Media Interaktif, Lectora Inspire, Sanggul Ukel Konde

Article Details

Section
Articles