PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL CIWIDEY DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

  • Angger Damaranti
  • Arita Puspitorini
  • Sri Usodoningtyas
  • Nia Kusstianti

Abstract

Pembelajaran berdasarkan pengamatan pada kompetensi dasar penataan Sanggul Ciwidey diketahui
banyak siswa yang mengalami kejenuhan dikelas. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat
menjadi monoton dan berakibat pada semangat siswa, media pembelajaran video yang kreatif dan inovatif
sebagai inovasi perlu diterapkan di kelas. Model pembelajaran yang akan terapkan yaitu Project Base
Learning. Tujuan penelitian untuk mengetahui prosedur pengembangan media video tutorial, mendapatkan
informasi kelayakan video tutorial, mengetahui hasil belajar psikomotorik dan respon siswa. Jenis
penelitian yang digunakan ialah “Research and Development (R&D)”. Populasi pada penelitian ini yaitu
seluruh kelas XI TKKR sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa dengan jumlah 28 siswa dan teknik
sampling yang digunakan yaitu jenuh atau sensus. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar kelayakan
media berisi 3 aspek meliputi aspek materi, media dan bahasa; 2) penilaian kinerja yang terdiri dari
persiapan, proses, dan hasil kerja; dan 3) lembar angket respon. Teknik analisis data meliputi : 1) analisis
kelayakan media menggunakan skala likert; 2) uji normalitas; 3) uji One Simple T Test; dan 4) analisis
angket siswa menggunakan presentase. Hasil penelitian diperoleh : 1) penilaian kelayakan video turotial
dari keseluruhan aspek sangat layak; 2) pembelajaran penataan sanggul ciwidey hasil belaljar psikomotorik
didapatkan lebih dari KKTP yaitu sebesar 83; dan 3) respon siswa menunjukkan hasil rata-rata 94% dengan
kategori sangat baik

Published
2024-01-16
How to Cite
Damaranti, A., Puspitorini, A., Usodoningtyas, S., & Kusstianti, N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL CIWIDEY DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO. Jurnal Tata Rias, 13(1), 56-62. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/60412
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 4