PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PERAWATAN WAJAH DENGAN TEKNOLOGI KELAS XII DI SMK NEGERI 2 JOMBANG

Authors

  • Rhelen Bunga Oktavia
  • Nia Kusstianti
  • Sri Dwiyanti
  • Biyan Yesi Wilujeng

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p182-188

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana sintaks pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan
respon peserta didik ketika paradigma Problem Based Learning (PBL) diterapkan pada pengembangan
kemampuan perawatan wajah teknologi. 31 peserta didik kelas XII Kecantikan 3 SMK Negeri 2 Jombang
berpartisipasi dalam studi kasus satu kali dengan menggunakan desain pra-eksperimen. Temuan penelitian
meliputi: (1) Sintaks metode Problem Based Learning (PBL) diterapkan pada kemampuan perawatan wajah
dengan teknologi, dan hasilnya menunjukkan peringkat rata-rata 3,9 yang dinilai sangat baik. (2) Dengan nilai
rata-rata 85,48, nilai yang diperoleh lebih tinggi dari KKM yaitu ?65, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
secara keseluruhan dinyatakan tuntas. (3) Tanggapan siswa menunjukkan bahwa 98% termasuk dalam klasifikasi
sangat memuaskan. Kesimpulan dari penelitian yaitu implementasi model Problem Based Learning berjalan
dengan sangat baik, menghasilkan keterampilan perawatan wajah dengan menggunakan teknologi yang lebih
kompeten, melebihi kriteria ketuntasan minimal, dan mendapat tanggapan yang baik.
Kata Kunci: .Problem Based Learning, perawatan wajah dengan teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Oktavia, R. B., Kusstianti, N., Dwiyanti, S., & Wilujeng, B. Y. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PERAWATAN WAJAH DENGAN TEKNOLOGI KELAS XII DI SMK NEGERI 2 JOMBANG. Jurnal Tata Rias, 13(2), 182–188. https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p182-188
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 96

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >>