PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA KOMPETENSI DASAR BABY AND CHILD TREATMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO

Main Article Content

Aurel Mutiara Dynanti
Biyan Yesi Wilujeng
Maspiyah maspiyah
Sri Usodoningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil kelayakan pengembangan media pembelajaran video
tutorial, (2) untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan video tutorial, (3) untuk mengetahui
respon siswa pada media pembelajaran berupa video tutorial. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan penggunaan model pengembangan
Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan metode observasi, uji coba tes, dan angket .Hasil penelitian
menunjukan bahwa 8 tahapan pengembangan. (1) Berdasarkan uji kelayakan video tutorial dinyatakan
sangat baik untuk diterapkan dengan rata-rata keseluruhan hasil validasi adalah 91,3%. (2) hasil analisis
hasil belajar siswa terdapat perbedaan ketercapaian tujuan pembelajaran dari 68% menjadi 88%,
kemudian diketahui thitung (14.752) > ttabel (2.042) dan taraf Signifikansi. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima (3) hasil analisis respon siswa, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan
sebesar 99%. Nilai rata-rata 99% masuk pada kriteria sangat baik. Jadi, penerapan media pembelajaran
berbasis video tutorial pada Kompetensi Dasar Baby and Child Treatment di SMKN 1 Buduran
mendapatkan respon yang sangat baik dan media sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, SPA

Article Details

Section
Articles