PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PERAWATAN WAJAH DENGAN TEKNOLOGI KELAS XII DI SMK NEGERI 2 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v13n2.p182-188Abstract
Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana sintaks pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan
respon peserta didik ketika paradigma Problem Based Learning (PBL) diterapkan pada pengembangan
kemampuan perawatan wajah teknologi. 31 peserta didik kelas XII Kecantikan 3 SMK Negeri 2 Jombang
berpartisipasi dalam studi kasus satu kali dengan menggunakan desain pra-eksperimen. Temuan penelitian
meliputi: (1) Sintaks metode Problem Based Learning (PBL) diterapkan pada kemampuan perawatan wajah
dengan teknologi, dan hasilnya menunjukkan peringkat rata-rata 3,9 yang dinilai sangat baik. (2) Dengan nilai
rata-rata 85,48, nilai yang diperoleh lebih tinggi dari KKM yaitu ?65, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
secara keseluruhan dinyatakan tuntas. (3) Tanggapan siswa menunjukkan bahwa 98% termasuk dalam klasifikasi
sangat memuaskan. Kesimpulan dari penelitian yaitu implementasi model Problem Based Learning berjalan
dengan sangat baik, menghasilkan keterampilan perawatan wajah dengan menggunakan teknologi yang lebih
kompeten, melebihi kriteria ketuntasan minimal, dan mendapat tanggapan yang baik.
Kata Kunci: .Problem Based Learning, perawatan wajah dengan teknologi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

