PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA TERHADAP MEDIA VIDEO TUTORIAL PENATAAN RAMBUT (STYLING) DI SMK IKIP SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p127-136Abstract
Perubahan dunia pendidikan menjadi penting mengingat sistem pendidikan yang sedang berlangsung
membentuk generasi muda, termasuk kemajuan industri salon yang harus diimbangi dengan mutu potensi
manusia. Mutu potensi tersebut mempengaruhi Pendidikan yang perlu ditingkatkan dmelalui nakan inovasi
pembelajaran, salah satunya melalui video tutorial. Untuk membantu pemahaman siswa, pembelajaran akan
menggunakan model Problem Based Learning sebagai Penelitian Tindakan Kelas. Penataan rambut (styling)
adalah salah satu topik pada mata pelajaran Kecantikan Dasar di SMK IKIP Surabaya yang terdiri dari
pemaparan teori dan praktikum. Namun, tidak semua siswa bisa memahami materi penataan rambut karena
kurangnya visualisasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Alasan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk melatih kemampuan siswa SMK IKIP dalam penataan rambut dengan memanfaatkan media video
latihan untuk lebih mengembangkan hasil belajar. Rencana eksplorasi ini adalah memanfaatkan PTK dengan
model siklus. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan skor dari siklus I ke siklus II,
khususnya 3,8. Selain itu, hasil perolehan siswa meningkat dari rata-rata skor 57,76 menjadi 81,91 menjelang
akhir siklus II dengan tingkat pencapaian siswa 86%. Penggunaan media pembelajaran video menmampu respon
positif sebesar 92%, artinya siswa merasakan penggunaan video pembelajaran.
Kata Kunci: Media Video Tutorial, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penataan Rambut
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

