KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n2.p%25pAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mendorong siswa menjadi seorang pemecah masalah yang baik. Pada kenyataannya, pembelajaran matematika di sekolah selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran dengan tugas problem posing (pengajuan soal). Pembelajaran dengan tugas problem posing merupakan suatu pembelajaran yang menugaskan siswa untuk mengajukan soal/masalah baru berdasarkan informasi yang diberikan. Siswa juga diminta untuk menyelesaikan soal yang telah dibuatnya. Beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan problem posing dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, diharapkan dengan pembelajaran problem posing, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bisa meningkat. Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah yang dideskripsikan adalah kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang tuntas dan kelompok siswa yang tidak tuntas pada tes hasil belajar materi luas permukaan dan volume kubus dan balok.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Additional Files
Published
2013-01-30
Issue
Section
Articles


