KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN

Authors

  • SUSIANA NURHAYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p

Abstract

Kemampuan bernalar sangat dibutuhkan bagi siswa dalam memahami materi atau konsep matematika. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang sulit memahami materi atau konsep matematika, sehingga siswa kurang maksimal dalam belajar matematika khususnya dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal tersebut dikarenakan guru kurang memperhatikan bagaimana kemampuan penalaran siswanya. Berdasarkan informasi dari guru kelas XI salah satu materi yang dirasa sulit yaitu materi kesebangunan. Meskipun pada kelas XIsudah pernah mendapat materi prasyarat yaitu mangenai perbandingan dan sudut namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep kesebangunan dalam soal-soal. Hal tersebut membuat peneliti ingin melihat bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal kesebangunan. Penelitian ini marupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 orang, yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Kemampuan penalaran digali melalui wawancara yang berpandu pada hasil tes kemampuan penalaran. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal kesebangunan untuk siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan sedang berkriteria baik, sedangkan siswa berkemampuan rendah berkriteria cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-01-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 384 , PDF Downloads: 472