IDENTIFIKASI TINGKAT METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PERBEDAAN SKOR MATEMATIKA

  • LAILY AGUSTINA MAHROMAH

Abstract

Memecahkan masalah matematika merupakan aktivitas penting dalam belajar matematika. Memecahkan masalah matematika memerlukan kemampuan berpikir kompleks, yaitu kemampuan kognitif dan kesadaran dalam menggunakan strategi yang tepat. Kesadaran siswa dalam menggunakan pemikirannya untuk merencanakan, mengontrol, dan menilai terhadap proses dan strategi kognitif milik dirinya disebut metakognisi. Aktivitas siswa dalam penggunaan kesadaran antara kognisi dan fungsi metakognisi dalam memecahkan masalah matematika menjadi karakteristik pola berpikir yang berbeda pada setiap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan perbedaan skor matematika. Berdasarkan analisis data subjek diperoleh, pada tiap tingkat skor matematika (tinggi, sedang, dan rendah) dalam memecahkan masalah matematika, subjek yang memiliki skor matematika tinggi tergolong pada tingkat metakognisi ”strategic use”, subjek yang memiliki skor matematika sedang tergolong pada tingkat metakognisi ”aware use”, dan subjek yang memiliki skor matematika rendah tergolong pada tingkat metakognisi ”tacit use”.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 163
PDF Downloads: 881