PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI II BEJI PASURUAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • RATNA EKA I

Abstract

Seiring perkembangan zaman,
perkembangan kemampuan matematika siswa
semakin dituntut untuk meningkat. Salah satu cara
untuk meningkatkannya adalah dengan
mengembangkan penalaran siswa. Penalaran
proporsional merupakan penalaran yang diperlukan
saat mempelajari matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran
proporsional siswa kelas VII SMP Negeri II Beji
Pasuruan pada tingkat kemampuan matematika
tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif.. Hasil dari penelitian,
yaitu pada subjek tingkat kemampuan tinggi
mampu menjawab dengan benar dan mampu
memberikan alasan yang tepat untuk soal yang
melibatkan bilangan pengali bulat maupun pecahan.
Sehingga penalaran proporsionalnya tergolong
penalaran multiplikatif. Untuk subjek tingkat
kemampuan sedang belum mampu menyelesaikan
soal yang menggunakan bilangan pengali pecahan,
sehingga penalaran proporsionalnya cenderung ke
penalaran pra-multiplikatif. Untuk subjek tingkat
kemampuan rendah meskipun ada soal yang
dijawab benar tapi setelah diwawancara jawaban
yang digunakan cenderung coba-coba. Sehingga
penalaran proporsionalnya tergolong penalaran
kualitatif.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 1627