PROFIL KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT

  • ENDANG EKAWATI

Abstract

Number sense adalah kepekaan terhadap bilangan, hubungan antar bilangan serta operasi bilangan yang berguna untuk memecahkan masalah secara fleksibel yang tidak terikat oleh prosedur atau algoritma tradisional. Siswa dengan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, tinjauan mengenai kemampuan number sense siswa perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sensenya dalam situasi masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan number sense siswa kelas VII SMPN 1 Mojokerto dalam memecahkan masalah matematika pada materi bilangan bulat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepada 30 siswa kelas VII-C SMPN 1 Mojokerto. Wawancara dilakukan kepada 3 subjek penelitian, yaitu masing-masing 1 subjek dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek tidak memiliki kepekaan yang baik mengenai bilangan, hubungan antar bilangan, operasi bilangan, hubungan antar operasi bilangan, beserta sifat-sifatnya sehingga semua subjek tidak fleksibel dalam menggunakan pemahaman mereka mengenai konsep bilangan bulat beserta operasinya dan berfokus pada penggunaan perhitungan prosedural yang mereka terima di sekolah ketika memecahkan masalah.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 130