PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED SISWA SMP BERDASARKAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL

  • NIHAYATUS SAADAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki masing-masing siswa. Kecerdasan emosional berarti kemampuan seseorang dalam memotivasi diri sendiri dan bersosialisasi dengan orang lain. Perbedaan motivasi yang dimiliki siswa secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi proses pemecahan masalah matematika open-ended siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika open-ended siswa berdasarkan tingkat kecerdasan emosionalnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan tes pemecahan masalah open-ended dan wawancara terhadap empat siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Jombang tahun ajaran 2012-2013. Empat siswa tersebut terdiri dari satu siswa dengan tingkat kecerdasan emosional tinggi (ST1), dua siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang (SS1 dan SS2), dan satu siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah (SR1). Selanjutnya, data yang sudah diperoleh dianalisis dan disusunlah profil pemecahan masalah open-ended siswa berdasarkan tahap pemecahan masalah Polya.
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 58