PROFIL KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN LEVEL PERKEMBANGAN BERFIKIR VAN HIELE

  • AISIA ULFA SOFYANA

Abstract

Identifikasi keterampilan geometri ditinjau
dari level perkembangan berfikir van Hiele, bisa
dijadikan alternatif pengetahuan dalam mengatasi
kesulitan mempelajari geometri, sehingga
dilakukan penelitian ini dengan tujuan
mendeskripsikan profil keterampilan geometri
siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri
berdasarkan level perkembangan berfikir van Hiele.
Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes
keterampilan geometri kepada 6 siswa SMPN 26
Surabaya sebagai subjek penelitian.
Analisis data menunjukkan, siswa pada
level 0 dapat memberi nama dan mengenali bentuk
dengan penampilan bangun (keterampilan visual),
tapi tidak dapat secara spesifik mengidentifikasi
sifat-sifat bentuk (keterampilan verbal). Meskipun
mereka dapat mengenali karakteristik, namun tidak
menggunakannya untuk pengakuan dan penyortiran
(keterampilan logika). Sedangkan siswa pada Level
1 sudah dapat menganalisis suatu konsep dan
peoperties-nya serta dapat menentukan sifat-sifat
suatu bangun dengan melakukan pengamatan
(keterampilan visual), pengukuran, eksperimen
(keterampilan terapan), menggambar dan membuat
model (keterampilan menggambar). Namun, siswa
belum sepenuhnya dapat menjelaskan hubungan
antara sifat-sifat tersebut (keterampilan logika) dan
belum dapat memahami definisi (keterampilan
verbal). Selanjutnya siswa pada level 2 sudah dapat
melihat hubungan sifat-sifat pada suatu bangun
geometri dan sifat-sifat antara beberapa bangun
geometri (keterampilan logika). Siswa dapat
membuat definisi abstrak (keterampilan verbal),
menemukan sifat-sifat dari berbagai bangun dengan
menggunakan deduksi informal (keterampilan
terapan), dan dapat mengklasifikasikan bangunbangun
secara hirarki (keterampilan visual).
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 812 PDF Downloads: 42