PROFIL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DIIRINGI MUSIK DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • MIFTACHUL ROSADAH

Abstract

Matematika dipelajari di setiap jenjang sekolah. Pada proses pembelajaran, siswa sering mengalami masalah yaitu kecemasan. Kecemasan dan kemampuan matematika berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika. Kecemasan dapat mengganggu kinerja fungsi kognitif.  Salah satu solusi untuk mengatasi kecemasan yaitu dengan mendengarkan musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecemasan rendah dengan tingkat kemampuan rendah, sedang dan tinggi, kecemasan sedang dengan tingkat kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi serta kecemasan tinggi dengan tingkat kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika dengan  diiringi musik.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah sembilan. Peneliti memberikan angket kecemasan dan tes kemampuan matematika materi kelas X untuk memilih subjek. Peneliti memberikan masalah matematika statistika dengan diiringi musik dan mewawancarai subjek. Hasil data wawancara dianalisis dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah siswa berkemampuan tinggi dan termasuk kategori sangat baik,  siswa berkemampuan tinggi dan kecemasan sedang termasuk kategori sangat baik, siswa berkemampuan tinggi dan kecemasan tinggi termasuk kategori sangat baik, siswa berkemampuan sedang dengan kecemasan rendah termasuk kategori sangat baik, siswa berkemampuan sedang dan kecemasan sedang termasuk kategori cukup, siswa berkemampuan sedang dan kecemasan tinggi termasuk kategori cukup, siswa berkemampuan rendah dan kecemasan rendah termasuk kategori cukup, siswa berkemampuan rendah dan kecemasan sedang termasuk kategori kurang dan siswa berkemampuan rendah dan kecemasan tinggi termasuk kategori kurang
Published
2013-01-30
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 40 PDF Downloads: 0