PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION PADA MATERI LUAS PERMUKAAN LIMAS DAN TABUNG KELAS X

  • FAIZAL FARUQ ZULHISRA

Abstract

Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction merupakan sebuah model pembelajaran yang berisikan sejumlah strategi pembelajaran (treatment) yang efektif digunakan siswa tertentu sesuai dengan karakteristik kemampuannya. Pada model pembelajaran ini, terdapat perbedaan dengan model pembelajaran kooperatif yang lain. Salah satunya pengelompokan siswa secara homogen, sehingga ketika guru memberikan treatment kepada siswanya, guru dapat memahami kemampuan dan masalah yang mereka hadapi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada materi luas permukaan limas dan luas permukaan tabung. Tujuan dari penelitian tercapai, yaitu mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa.

Subjek penelitian adalah 27 siswa dari kelas X-9. Sedangkan untuk mendapatkan data hasil belajar dan respon siswa, diperlukan 27 siswa dari SMAN Negeri 4 Kediri yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari format pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar aktivitas siswa, soal tes hasil belajar dan angket respon siswa.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, termasuk sangat baik dengan skor 3,51. Aktivitas siswa dalam pembelajaran paling banyak dilakukan adalah mengerjakan LKS sebesar 42,78% dan aktivitas yang jarang dilakukan adalah menanggapi presentasi teman dan merangkum pelajaran dengan persentase 1,67%. Hasil belajar siswa yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa adalah 81,48% dan 18,52% siswa tidak tuntas. respon siswa terhadap proses pembelajaran adalah respon positif sebesar 90,55%.

Kata Kunci : model pembelajaran, Aptitude Treatment Interaction(ATI), luas permukaan limas dan tabung.

Published
2015-08-11
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 33