Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan  Kemampuan Matematika

  • GANANG WAHYU HIDAYAT

Abstract

Bilangan telah dikenal siswa sejak duduk dibangku kelas 3 SD. Namun sebagian siswa masih kesulitan untuk menerapkan konsep sehingga kita sering menemukan siswa pada jenjang berikutnya (sekolah menengah pertama) tidak dapat menguasai materi bilangan pecahan dengan baik. Hal ini juga dibenarkan oleh salah satu guru matematika SMP Negeri 1 Wonoayu yang menyatakan bahwa “banyak siswa yang kesulitan serta belum tuntas pada saat ulangan matematika, terutama pada materi pecahan.” Menurut guru SMP Negeri 1 Wonoayu, siswa yang belum mencapai ketuntasan saat ulangan matematika mencapai hampir 50% dari jumlah siswa dalam satu kelas. Number sense mengarah pada pemahaman umum seseorang tentang bilangan dan operasinya serta kemampuannya untuk menghadapi situasi sehari-hari yang mencakup bilangan. Penelitian ini dapat dimasukan ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh bahwa profil kemampuan number sense siswa kemampuan matematika tinggi yakni mampu menyebutkan informasi yang tersaji soal, bisa berargumen dengan tepat atas setiap langkah yang dilakukan, langkah penyelesaian yang dilakukan jelas dan tepat untuk setiap soal, tapi masih kurang teliti dalam mencari pecahan di antara 2 pecahan. Untuk siswa kemampuan matematika sedang yakni mampu menyebutkan informasi yang tersaji dalam soal, pada beberapa soal masih belum berargumen dengan tepat atas langkah yang dilakukan terutama pada pengaruh pengoperasian bilangan, langkah penyelesaian yang dilakukan jelas dan tepat untuk setiap soal, tapi masih kurang teliti dalam mencari pecahan di antara 2 pecahan. Untuk siswa kemampuan matematika rendah yakni mampu menyebutkan informasi yang tersaji dalam soal, pada beberapa soal masih belum berargumen dengan tepat atas setiap langkah yang dilakukan terutama pada pengaruh pengoperasian bilangan, langkah penyelesaian yang dilakukan ada yang masih kurang efektif untuk beberapa soal soal, dan masih belum mampu memperkirakan letak pecahan serta masih kurang teliti dalam mencari pecahan di antara 2 pecahan.

Kata kunci : Pecahan, Tingkat Kemampuan Matematika, Profil  kemampuan number sense.

Published
2015-08-11
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 87