PENERAPAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PACIRAN LAMONGAN

  • HAYATUN NUKHUS BM

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa pada pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 2 Paciran Lamongan. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Paciran Lamongan tahun ajaran 2013-2014. Satu kelompok belajar yang beranggotakan 6 siswa dipilih dari kelas VIII-B sebagai subyek pengamatan aktivitas siswa. Pengambilan data dilaksanakan selama tiga pertemuan untuk pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan satu pertemuan untuk tes dan angket respons siswa. Selama pembelajaran, dilakukan pengamatan terhadap pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,67; (2) skor aktivitas siswa dikategorikan sangat berhasil dengan rata-rata skor unsur somatis, auditori, visual, dan intelektual berturut-turut 3,13, 3,07, 3,78 dan 3,64; (3) hasil belajar siswa adalah 28 siswa memenuhi KKM dengan presentase 73,68%  dan 10 siswa tidak memenuhi KKM dengan presentase 26,32%; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI adalah positif karena banyaknya item pernyataan dengan kategori baik atau sangat baik lebih dari 50% dari seluruh item pernyataan.

Kata Kunci: pendekatan SAVI

Published
2015-08-13
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 48