ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN

  • MUHAMMAD DLIWAUL UMAM BM

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika sering dianggap murni kesalahan siswa itu sendiri, padahal bisa saja kesalahan tersebut dikarenakan cara mengajar guru bidang studi yang kurang mengena kepada siswa. Dengan menganalisis kesalahan jenis-jenis kesalahan siswa serta mengetahui letak-letak kesalahan siswa akan didapat peta kesalahan dari siswa sehingga akan dapat menentukan konsep pembelajaran yang sesuai. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang diambil setelah memenuhi kriteria pemilihan subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan, yaitu: (1) tahap reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: (1) kesalahan memahami soal, (2) kesalahan merencanakan penyelesaian, (3) kesalahan menyelesaikan masalah sesuai rencana pada langkah kedua, dan (4) kesalahan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan yaitu: (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan kalkulasi, dan (3) kesalahan memodelkan.

Kata Kunci: kesalahan, soal cerita, operasi hitung pecahan.

Published
2015-08-13
Abstract Views: 602
PDF Downloads: 967