PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, AND REVIEW (SQ4R) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 1 DRIYOREJO GRESIK

  • NUR AZLINA

Abstract

Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record,Review) adalah metode membaca yang efisien untuk membantu siswa lebih memahami suatu bacaan. Dalam penelitian ini metode SQ4R digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah berupa soal cerita materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode SQ4R pada materi aritmetika sosial di kelas VII-F SMP N 1 Driyorejo Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-F SMP N 1 Driyorejo Gresik. Empat siswa dipilih secara acak dari kelas VII-F sebagai subjek pengamatan aktivitas siswa. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dilaksanakan selama satu pertemuan untuk pembelajaran dengan menggunakan metode SQ4R dan satu pertemuan untuk pengerjaan tes dan pengisian angket respons siswa. Selama pembelajaran tersebut diamati pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas siswa.

Hasil analisis data menunjukkan: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru secara keseluruhan dapat dikategorikan baik; (2) aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan metode SQ4R efektif ditunjukkan oleh 96,01% aktivitas siswa relevan dengan pembelajaran; (3) persentase banyaknya siswa yang tuntas sebesar 76,47%; dan (4) siswa merespons positif terhadap pembelajaran yang menggunakan metode SQ4R, ditunjukkan oleh 9 pernyataan yang direspon dengan sangat baik dan 6 pernyataan yang direspon dengan baik.

Kata kunci:Metode SQ4R, Soal cerita, Matematika, Sekolah Menengah Pertama

Published
2015-08-16
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 59