KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI TEAM QUIZ MATERI STATISTIKA

  • RINDRA AYU LOVENIDIANA

Abstract

Usaha peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa dituntut aktif dalam bertanya, mengemukakan gagasan serta dapat mengkomunikasikan materi yang siswa peroleh, baik secara lisan maupun tulisan . Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu untuk melatih kemampuan komunikasi matematika siswa adalah strategi Team Quiz dan salah satu materi matematika yang mempelajari bagaimana mengkomunikasikan, mengumpulkan, merencanakan, menganalisis, dan mempresentasikan data adalah materi statistika.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika tulis dan lisan siswa dengan diterapkannya pembelajaran aktif strategi Team Quiz serta pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan pembelajaran aktif strategi Team Quiz. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Krian dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA 1 dan guru matematika kelas X IPA 1

Hasil penelitian yang diperoleh menerangkan bahwa kemampuan komunikasi matematika lisan siswa dengan diterapkannya pembelajaran aktif strategi Team Quiz pada materi statistika dari 6 siswa yang diamati termasuk dalam kategori baik yaitu dengan skor 10,66 pada interval 1410≤s<13"> . Sedangkan kemampuan komunikasi tulis siswa dengan diterapkannya pembelajaran aktif strategi Team Quiz pada materi statistika juga termasuk dalam kategori baik yaitu dengan skor 11,36 pada interval 1410≤s<13"> . Adapun pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mitra dalam menerapkan pembelajaran aktif strategi Team Quiz pada materi statisika dengan sub materi mean, median, dan modus di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Krian termasuk dalam kriteria baik yaitu dengan skor 3,00

 

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematika tulis, kemampuan komunikasi matematika lisan, pembelajaran aktif, strategi team quiz

Published
2015-08-20
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 80