KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MENURUT GAGNE PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • SUKHOLIFAH BM

Abstract

Robert M. Gagne merupakan satu diantara ahli psikologi yang membagi kemampuan kognitif menjadi tiga yaitu informasi verbal, keterampilan intelektual, dan strategi kognitif. Dalam ranah kognitif guru banyak menggunakan ranah tersebut sebagai objek penelitian hasil belajar siswa. Kemampuan dalam ranah kognitif dapat diperoleh dari materi himpunan sesuai KI dan KDnya. Oleh karena itu peneliti memilih penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa menurut Gagne bagi siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah pada materi himpunan. Berdasarkan tes kemampuan matematika di kelas VII SMP Ma’arif NU Asy-syafi’iyah Lohgung Brondong Lamongan tahun ajaran 2013/2014, siswa dikelompokkan menjadi kelompok siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah selanjutnya setiap kelompok dipilih dua siswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa menurut Gagne.

Hasil penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa menurut Gagne pada siswa berkemampuan matematika tinggi untuk informasi verbal, siswa menyebutkan simbol operasi himpunan namun terdapat kesalahan. Untuk siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah, mereka menyebutkan simbol operasi himpunan dengan benar. Pada keterampilan intelektual, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang, mereka mampu berinteraksi dengan lingkungannya, konsep, dan lambang himpunan, Akan tetapi siswa berkemampuan matematika sedang memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menyajikan himpunan dalam diagram Venn, kurang memahami aturan dalam penggunaan operasi hitung. Kemampuan kognitif siswa menurut Gagne pada strategi kognitif untuk kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah, mereka mengidentifikasi, menghitung, dan menyimpulkan.  

Kata kunci : kemampuan kognitif, Gagne, kemampuan matematika

Published
2015-08-20
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 127