PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

  • KRISNA KIRANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe MURDER pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot-case study. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang merupakan rekan seangkatan mahasiswa prodi pendidikan matematika dan siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 5 Surabaya tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 34 siswa. Dari 34 siswa tersebut diambil 8 siswa untuk menjadi subjek pengamatan aktivitas siswa. Pengambilan data dilaksanakan selama tiga pertemuan untuk pembelajaran kooperatif tipe MURDER dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar dan angket respons siswa. Selama pembelajaran diamati pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 3,82; (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan jumlah persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa selain berperilaku tidak relevan sebesar 97,05%; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,47; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe MURDER adalah positif.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 93