PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, kreativitas siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran JUCAMA pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot-case study. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII-H SMP Negeri 3 Gresik tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 4,22, aktivitas siswa tergolong aktif dengan persentase 64,22%, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan persentase sebesar 90,62%, kreativitas siswa meningkat dengan rata-rata 0,22 pada pertemuan 1, 0,33 pada pertemuan 2 dan 0,36 pada pertemuan 3, dan respon siswa terhadapa model pembelajaran JUCAMA tergolong baik dengan persentase 80% dari seluruh item pernyataan.Downloads
Download data is not yet available.
Abstract views: 57
,
PDF Downloads: 280
,
PDF Downloads: 45


