PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • FARIDA ATMA DWI DESYANTI

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil
belajar siswa, dan respons siswa terhadap
pembelajaran dengan metode mind mapping pada
materi statistika di kelas IX-C SMP Negeri 1
Bangsal Mojokerto. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot
case study. Subjek penelitian ini adalah guru yang
merupakan rekan seangkatan peneliti di Prodi
Pendidikan Matematika dan siswa kelas IX-C SMP
Negeri 1 Bangsal Mojokerto pada tahun ajaran
2012-2013 yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan
data dilaksanakan selama dua pertemuan untuk
pembelajaran dengan metode mind mapping dan
satu pertemuan untuk tes hasil belajar dan angket
respons siswa. Selama pembelajaran, diamati
pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa
pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru
baik dengan rata-rata 3,00, aktivitas siswa selama
mengikuti pembelajaran termasuk kriteria aktif
dengan rata-rata 80,01%, hasil belajar siswa dengan
rata-rata 79,25, dan respons siswa terhadap
pembelajaran yang menerapkan metode mind
mapping adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-01-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 122