KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS VII SMP DILIHAT DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

  • ANDRI FAHRUDIN AMIRULLOH

Abstract

Kata bilangan sudah dikenal siswa sejak duduk dibangku kelas 3 SD. Namun sebagian siswa masih kesulitan untuk menerapkan konsep dalam bentuk pertanyaan atau soal sehingga sering ditemukan siswa pada jenjang berikutnya tidak dapat menguasai materi bilangan pecahan dengan baik. Hal ini juga dibenarkan oleh guru matematika SMP Negeri 1 Bangsal yang menyatakan bahwa “banyak siswa yang kesulitan serta belum tuntas pada saat ulangan matematika, terutama pada materi pecahan.” Menurut guru SMP Negeri 1 Bangsal.
Salah satu cara agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan menggunakan suatu strategi pembelajaran baru yang dapat membantu siswa lebih memahami materi yang dipelajari. Number sense merupakan suatu kemampuan yang apabila dilatih atau dikembangkan dengan benar akan bermanfaat bagi siswa karena sangat baik untuk mendukung kecerdasan logika dalam bidang matematika terutama bilangan. Pernyataan tersebut sesuai dengan yang dikemukakan oleh Yang [1] bahwa
“Number sense refers to an individual’s general understanding of numbers and it’s operations, with the ability to develop usefull. Flexible and efficient strategies for handling numerical problems.”
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi-kan kemampuan number sense siswa SMP dalam menyelesaikan soal ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini dapat dimasukan ke dalam penelitian deskriptif eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kemampuan number sense siswa laki-laki termasuk kategori cukup baik pada stand kemampuan equivalent expressions serta kemampuan perhitungan dan strategi menghitung, tetapi pada strand kemampuan number sense yang lain termasuk kategori kurang baik. Sedangkan kemampuan number sense siswa perempuan secara umum termasuk kategori baik pada stand kemampuan konsep bilangan, equivalent expressions serta kemampuan perhitungan dan strategi menghitung, tetapi pada strand kemampuan number sense yang lain termasuk kategori kurang baik.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 584