EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI BERWISATA PADA MATERI PERSEGIPANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII SMP

  • VIVI CHRISTIANI

Abstract

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan pembaharuan sistem pendidikan. yaitu peningkatan kualitas pembelajaran dengan pembelajaran yang mampu mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan serta peserta didik yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran kooperatif yang dikombinasikan dengan strategi berwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan strategi berwisata pada materi persegipanjang dan persegi di kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 1 Boyolangu Tulungagung dan peneliti bertindak sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif dengan strategi berwisata baik, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kooperatif dengan strategi berwisata aktif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tuntas, dan respon positif siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan strategi berwisata pada materi persegipanjang dan persegi di kelas VII-C SMPN 1 Boyolangu Tulungagung adalah efektif.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 30