KREATIVITAS SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-INDEPENDENT (FI) DAN FIELD-DEPENDENT (FD)

  • DIMAS FEMY SASONGKO
  • Tatag Yuli Eko Siswoyo

Abstract

Kreativitas siswa merupakan komponen
penting pembelajaran matematika yang dapat
terlihat dalam pengajuan soal. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa
bergaya kognitif Field-Independent dan Field-
Dependent dalam pengajuan soal matematika.
Penelitian deskriptif ini diawali dengan pemilihan
subjek bergaya kognitif Field-Independent dan
Field-Dependent. Wawancara berbasis tugas
pengajuan soal dilakukan terhadap tiga siswa Field-
Independent (dua siswa berkemampuan matematika
tinggi dan satu siswa berkemampuan matematika
rendah) dan tiga siswa Field-Dependent (satu siswa
berkemampuan sedang dan dua siswa
berkemampuan rendah). Analisis data dilakukan
dengan reduksi, paparan, dan penyimpulan serta
digunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian
menunjukkan subjek Field-Independent cenderung
dapat mengajukan soal matematika yang baru
dengan lancar dan fleksibel sehingga tergolong
sangat kreatif. Sedangkan subjek Field-Dependent
cenderung tidak dapat mengajukan soal matematika
yang baru dan fleksibel dengan lancar sehingga
tergolong kurang kreatif atau tidak kreatif.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 147