PENINGKATAN EFEKTIVITAS PADA PROSES PEMBELAJARAN

  • FARID AGUS AGUS SUSILO

Abstract

Sebagaimana diketahui bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah, baik sekolah dasar maupun menengah pasti mempunyai target bahan ajar yang harus dicapai oleh setiap guru berdasarkan pada kurikulum yang berlaku pada saat itu. Bahan ajar yang banyak terangkum dalam kurikulum tersebut tentunya harus disesuaikan dengan waktu yang tersedia tanpa mengabaikan tujuan utama dari pembelajaran itu sendiri, yakni pemahaman dan keterampilan siswa. Kriteria efektivitas apabila tiga aspek yang meliputi : (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran baik; (3) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Dengan syarat aspek ketuntasan belajar terpenuhi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode observasi. Untuk memperoleh data kemampuan guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar dengan lembar observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti sendiri. Subyek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperolah bahwa efektivitas pembelajaran matematika kelas XI di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo termasuk dalam pembelajaran yang efektif karena kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik, aktivitas siswa selama pembelajaran adalah sangat aktif, dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa atau sebesar 77,78 % sehingga ketuntasan belajar siswa telah tercapai
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 542
PDF Downloads: 1434