MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESIK (REALISTIK SETTING KOOPERATIF)

  • AGNIS Tri TRI CHORINA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif yang disingkat dengan RESIK. Model ini diharapkan dapat mengubah sistem pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui model RESIK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan desain one shot case study. Metode yang digunakan adalah metode observasi, dengan melakukan pengamatan pada aktivitas siswa. Hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, aktivitas siswanya mengalami kenaikan antara pertemuan 1 dan pertemuan 2. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, isarankan agar model pembelajaran RESIK diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk lebih mengaktifkan siswa belajar dan mengurangi dominasi guru. Sebelum menerapkan pembelajaran RESIK guru hendaknya mengkaji materi yang sesuai dan mempersiapkan contoh-contoh realistik yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 96