PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI DIMENSI TIGA SUB MATERI PROYEKSI UNTUK SISWA SMA KELAS X

  • MIA SASKIA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi dimensi tiga, khususnya sub materi proyeksi dan banyaknya aplikasi komputer yang memudahkan kita dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan komputer. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi Dimensi Tiga sub materi Proyeksi untuk SMA kelas X yang valid, praktis, dan efektif dan (2) mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi Dimensi Tiga sub materi Proyeksi yang baik untuk SMA kelas X yang valid, praktis, dan efektif.

Media pembelajaran berbantuan komputer dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS5.5. Model penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Smith dan Ragan terdiri atas 8 tahap yaitu: analisis lingkungan belajar, analisis karakteristik siswa, analisis tugas pembelajaran, menulis butir tes, menentukan strategi pembelajaran, memproduksi program pembelajaran, evaluasi formatif dan revisi.

Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dari ketiga kriteria sebagai berikut: validator menyatakan media pembelajaran berbantuan komputer dinyatakan valid dengan nilai rata-rata total validasi dari ahli materi sebesar 3,38 dan dari ahli media sebesar 3,51. Penilaian umum validator menyatakan media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan bisa digunakan dengan sedikit revisi dan hasil uji coba terbatas menunjukkan persentase jawaban benar siswa ≥ 91,75% dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media ini dalam kategori baik dengan rata-rata total keterlaksanaan 3,47 sehingga media ini memenuhi kriteria praktis. Hasil tes belajar siswa menunjukkan 91,67% siswa mendapatkan nilai ≥ 75 (tuntas klasikal) dan siswa merespons positif media dengan nilai rata-rata sebesar 82,71%, sehingga media pembelajaran berbantuan komputer ini memenuhi kriteria efektif.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbantuan Komputer, Dimensi Tiga, Proyeksi, Kelas X.

Published
2016-08-11
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 876