PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BILANGAN BULAT

  • NUNGGAL MUKTI PRAMUDITA

Abstract

Perkembangan dan kemajuan suatu negara tercermin dari kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki negara tersebut. SDM yang berkualitas ialah manusia yang dapat bertahan dan bersaing di tengah perkembangan zaman. Cara terbaik untuk menghasilkan SDM yang berkualiats ialah melalui pendidikan. Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia luar. Keterampilan-keterampilan tersebut diantaranya yaitu keterampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Sehingga diperlukan model atau metode pembelajaran yang dapat melatih keterampilan tersebut dalam suatu pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dirasa cocok untuk melatih keterampilan-keterampilan tersebut ialah Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini menghadapkan siswa pada suatu permasalahan yang menuntut pemikiran kritis dan kreatif untuk dapat menyelesaikannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan  (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar siswa, dan (4) respons siswa dalam penerapan Problem Based Learning (PBL) pada materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan selama tiga pertemuan dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Krian. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, tes, dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ialah kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan perolehan skor rata-rata 3,25, (2) aktivitas siswa dikategorikan aktif dengan perolehan persentase sebesar 90,8% untuk kegiatan yang relevan dengan pembelajaran, (3) hasil belajar siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan sebesar 76%, dan (4) respons siswa tergolong positif karena semua aspek yang direspons masuk dalam kategori baik dan sangat baik.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL)

Published
2016-08-11
Abstract Views: 549
PDF Downloads: 240