MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN ALTERNATIF MENGATASINYA

  • RACHMANIA WIDYA NINGRUM

Abstract

Miskonsepsi merupakan hal yang harus dihindari guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi salah satunya dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun datar segiempat dan alternatif mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yang memiliki miskonsepsi paling banyak dari semua siswa di kelas. Miskonsepsi siswa pada penelitian ini dianalisis menggunakan tes miskonsepsi tertulis dengan metode CRI (Certainty of Response Index) dan dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsi siswa yang terjadi.

         Berdasarkan hasil analisis data, ketiga subjek menunjukkan miskonsepsi yang hampir sama. Miskonsepsi tersebut terjadi pada definisi bangun datar segiempat. Sebagian besar siswa hanya menganggap segiempat itu selalu dalam bentuk beraturan saja. Selain itu terjadi miskonsepsi pada sifat-sifat dari bangun datar segiempat. Adapun penyebab miskonsepsi yang terjadi adalah kemampuan dalam memahami konsep dan gambar yang diberikan pada soal. Alternatif yang dapat dilakukan diantaranya seperti menjelaskan ulang, diskusi kelas atau dengan menggunakan strategi konflik kognitif.

 

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Miskonsepsi Bangun Datar Segiempat, Penyebab Miskonsepsi Siswa, Alternatif mengatasi miskonsepsi

Published
2016-08-11
Abstract Views: 750
PDF Downloads: 970