PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU UMATH (UNO MATHEMATICS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK OPERASI BILANGAN BULAT

  • ROSARY RAHMATIN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat terutama pada operasi hitung campuran. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi. Guru dapat membuat variasi latihan soal yang menarik dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam menerapkan konsep matematika yang mereka peroleh. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah media permainan kartu Umath. Dengan media permainan kartu Umath, akan memungkinkan pebelajar untuk melakukan latihan soal operasi bilangan bulat lebih menyenangkan dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media permainan kartu Umath yang baik untuk materi operasi bilangan bulat yaitu apabila memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar siswa, angket respon siswa dan lembar validasi. Media permainan kartu Umath ini diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VII-B SMPN 1 Bungah yang terdiri dari tiga puluh satu siswa tahun ajaran  2015/2016.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu Umath yang dihasilkan termasuk kategori baik. Media permainan kartu Umath memenuhi aspek kevalidan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata validitas media permainan kartu Umath sebesar 4,09 (valid), tes hasil belajar siswa sebesar 3,89 (valid). Media permainan kartu Umath memenuhi aspek kepraktisan, ditunjukkan dengan penilaian validator yang menyatakan media permainan kartu Umath dan tes hasil belajar siswa dapat digunakan dengan sedikit revisi serta aktivitas siswa dalam menggunakan permainan kartu Umath termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 90,72%. Media permainan kartu Umath memenuhi aspek kefektifan ditunjuukan dengan 87,67% siswa mendapat skor ≥ 76 sehingga memenuhi kategori tuntas secara klasikal dan respon siswa termasuk dalam kategori positif dengan persentase rata-rata jumlah respon positif siswa adalah 80,48%.

 

Kata kunci: pengembangan, media permainan, kartu Umath, operasi bilangan bulat

Published
2016-08-11
Abstract Views: 708
PDF Downloads: 849