PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KWARTET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

  • YULIA EKA PRASETYA

Abstract

Bercermin pada pelaksanaan kurikulum KTSP tahun 2006, untuk menghadapi keterlaksanaan kurikulum 2013 kualifikasi akademik dan kompetensi guru sangat diperlukan dimana guru dituntut untuk memiliki kompetensi kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan ilmu – ilmu terkait, serta guru diharapkan mampu menghasilkan variasi – variasi yang berbeda sehingga dapat menjadikan suatu pembelajaran lebih menarik lagi. Salah satu variasi yaitu dengan menggunakanmedia permainan dalam pembelajaran dapat menjadi suatu alternatif media pembelajaran yang memungkinkan pebelajar untuk belajar matematika materi segitiga dan segiempat kapanpun dan dimanapun.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media permainan kartu kwartet yang baik untuk materi segitiga dan segiempat yaitu apabila memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar siswa, angket respon siswa dan lembar validasi. Media permainan kartu kwartet ini diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas VII-F SMPN 26 Surabaya yang terdiri dari tiga puluh siswa tahun ajaran  2014/2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kartu kwartet segitiga dan segiempatmemenuhi aspek kevalidan, ditunjukkan dengan rata-rata total validitas media permainan kartu kwartet sebesar 3,54 (valid), tes hasil belajar siswa sebesar 3,62 (valid). Media permainan kartu kwartet memenuhi aspek kepraktisan, ditunjukkan dengan media permainan kartu kwartet serta tes hasil belajar siswa dinyatakan dapat digunakan dengan sedikit revisi oleh seluruh validator serta aktivitas siswa dalam menggunakan media permainan kartu kwartet termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 92,67%. Media permainan kartu kwartet memenuhi aspek keefektifan ditunjukkan dengan 96,67% siswa mendapat skor ≥ 2,66 sehingga masuk dalam kategori tuntas dalam tes hasil belajar dan respon siswa termasuk dalam kategori positif dengan persentase rata-rata jumlah respon siswa adalah 86,16%.

 

Kata Kunci: media permainan, kartu kwartet, materi segitiga dan segiempat

Published
2016-08-11
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 259