IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MADIUN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • AYU OKTAVIANTI

Abstract

Matematika berperan penting dalam menata proses berpikir manusia dan mempercepat penguasaan ilmu teknologi, karena matematika sebagai sarana berpikir. Matematika harus dipandang sebagai proses berpikir. Proses berpikir adalah proses yang terdiri atas penerimaan informasi, pengolahan, penyimpulan dan pemanggilan kembali informasi itu dari ingatan siswa. Proses berpikir siswa dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu proses berpikir tipe predikatif dan proses berpikir tipe fungsional.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir tipe predikatif dan proses berpikir tipe fungsional siswa yang ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian ini adalah empat siswa yang sudah mendapatkan materi operasi aljabar yang terdiri dari dua siswa dengan proses berpikir tipe predikatif dan dua siswa dengan proses berpikir tipe fungsional. Masing-masing tipe proses berpikir terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1. Proses berpikir siswa laki-laki  dan perempuan tipe predikatif yaitu siswa mampu melihat hubungan antara konsep pada soal dengan konsep lain yang sudah dipelajari, menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasanya sendiri, menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita secara terperinci, menuliskan kesimpulan di akhir jawabannya dan menyelesaikan tanpa menggambarkan soal. 2. Proses berpikir siswa laki-laki dan perempuan  tipe fungsional yaitu siswa mampu melihat hubungan antara konsep pada soal dengan konsep lain yang sudah dipelajari dan menggunakan rumus, tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita secara terperinci dan hanya menuliskan langsung terhadap apa yang ditanyakan saja, tidak menuliskan kesimpulan di akhir jawaban, dan menyelesaikan soal tanpa menggambarkan soal.

Kata kunci: Proses berpikir, Tipe Predikatif, Tipe Fungsional, Gender.

Published
2016-08-11
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 55